Husnul Khotimah

“Barangsiapa yang ucapan terakhir-nya adalah tidak ada ilaah selain Allah maka dia akan masuk Surga.” (HR. Abu Dawud dan Al-Hakim dishahihkan oleh Al-Hakim)

Hadist di atas sangat berarti dan sangat menginspirasi. Spertinya sederhana, tetapi sesungguhnya sangat bermakna. Laa ilaaha illallah..kalimat yang sangat pendek dengan makna yang sangat agung, dan ketika ana mencoba menghubungkannya dengan 2 kata, yakni husnul khotimah..tiba-tiba saja ada yang bergetar di dalam hati, berlogika di dalam kepala, berangan-angan di dalam dada, dan semakin bertambah makna yang ana fahami..mungkinkah?! itu pertanyaan yang seketika muncul. Mungkinkah ana dan kita dapat mengalami kematian dalam keadaan mengucap kedua kata tersebut? tak ada yang mampu memastikannya! Ana sangat yakin! Hanya Allah yang mahamengetahui dan mahamenetukan.

Nah, kemungkinannya hanya ada dua : husnul atau su’ul. Pertanyaan berikutnya yang muncul dalam kepala adalah, bagaimana caranya agar terhindar dari su’ul dan mendapatkan keadaan husnul?

jawabannya sangat sederhana? secara logika? sepertinya ana dan kita hanya perlu memperbesar peluang untuk mendapatkan husnul! salah satunya dengan menjadikan kalimat-kalimat hasan itu kalimat yang kemunculannya sering dalam bentuk lisan dan menjadi sebuah hal yang disadari setiap saat.

Akhirnya, hanya kepada Allah kita meminta perlindungan dari seburuk-buruknya kematian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: