Explore. Dream. Discover

“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn’t do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover.”

Mark Twain (American Humorist, Writer and Lecturer. 1835-1910)

Pernah ngalamin nggak, saat kita merasa benar-benar nggak berguna? bukan karena kita tidak mampu melakukan sesuatu, tetapi karena kita justru memiliki kemampuan tetapi tidak pernah melakukan sesuatu.

waa..keadaan yang sangat menyedihkan. weks.

Terjebak dalam keadaan ini sangat tidak produktif. Dan lebih tidak produktif lagi jika menyengaja menjebakkan diri ke dalam kondisi ini. lho, emangnya ada ya yang melakukan tindakan sedungu itu? hehe.. mesti ada..bahkan banyak, dan disadari atau tidak kita mungkin pernah melakukannya juga. wew..berbahaya.

Nah, quotes di awal tulisan boleh jadi adalah gambaran kesudahan bagi orang-orang pelaku hal tersebut. Di mana mereka menjebakkan diri atau tanpa sengaja terjebak dalam keadaan itu. Mereka menempatkan batasan-batasan maya tetapi berefek nyata bagi dirinya. Mereka bahkan menciptakan batasan-batasannya sendiri. Nah loh, batasan kok diciptain untuk membatasi diri sendiri? gmana bisa?

hmm…nyadar nggak sih? kita sering menunda hal positif sampai akhirnya kita lupa. Padahal memori dan semangat kita senantiasa tererosi oleh usia. Bahkan parahnya kita sering menganggap batasan yang ada lebih berharga sehingga kita membiarkannya tetap berada di depan kita. Kita memeliharanya, memupuknya, membesarkannya, dan menjaganya dengan sepenuh hati hingga kita sadar bahwa batasan itu telah terlalu besar dan berkuasa. Pada akhirnya ia akan memakan seluruh hidup dan impian kita. woow…hiperbola! tapi ini bener loh..asli. genuine..hehe.

Kita lebih sering menarik kembali atau bahkan membatalkan tindakan positif. KITA? lo aja kalee..gw enggak….. ahaha 🙂 Yayaya..akui saja, dengan begitu kita akan sadar betapa kita belum lagi melakukan banyak…kita baru sampai di permukaan hidup ini. Kita belum lagi mengambil banyak  pengertian dan hidup di dalamnya.

Maka jika kita merasa saat ini masih kecil. Jangan lagi berupaya memperbesar batasan yang ada. Kata pak Mario Teguh, batasan itu untuk kita langgar, kita lampaui, kita kalahkan dan kita jinakkan. Karena tidak ada pribadi terbebas dari batasan.

Aku sudah kecil. Tidak mungkin lebih kecil lagi. Maka pilihannya hanya satu. Menjadi besar. [quotes of mine] hehe..

Lakukan apa saja yang baik. InsyaAllah akan membaikkan kita suatu hari nanti. Jangan biarkan diri kita menyesal 10 tahun, 20 tahun, atau 30 tahun yang akan datang. Penyesalan karena kecilnya upaya untuk mengambil tindakan positif hari ini.

So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover!

🙂

Advertisements

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: